5 Cara Merawat Kulit Kering Pada Bayi yang Perlu Anda Pahami

5 Cara Merawat Kulit Kering Pada Bayi yang Perlu Anda Pahami

Suhu udara yang dingin bisa membuat bayi memiliki masalah kulit kering pada si kecil. Kulit yang terlalu kering bisa berdampak negatif karena bayi memiliki risiko iritasi lebih tinggi saat bergesekan dengan kulit orang dewasa. Pastikan Anda membeli produk diskon Cetaphil yang efektif mengurangi risiko dehidrasi pada kulit buah hati tercinta.

Merawat kulit kering pada bayi

Jika kulit bayi Anda alami kering atau bersisik, kemungkinan ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Pastikan Anda mengatur suhu AC di kamar anak dengan kisaran suhu 23-26 derajat celcius saja untuk menghindari suhu udara yang terlalu dingin. Yuk, simak 5 cara merawat kulit kering bayi berikut!

1.  Memandikan bayi dalam waktu singkat

Bayi yang sudah berusia lebih dari beberapa bulan akan mulai suka aktivitas yang berkaitan dengan air. Namun, durasi mandi yang terlalu lama bisa menyebabkan bayi kehilangan kelembaban kulit sehingga risiko dehidrasi semakin tinggi. Sebaiknya Anda mempersingkat waktu mandi si kecil sekitar 5-10 menit dengan air hangat.

2.  Menggunakan produk perawatan yang tepat

Pastikan Anda membeli sabun dan produk pelembab kulit di toko perlengkapan bayi yang kredibel untuk perawatan kesehatan kulit bayi. Kandungan pada produk perawatan harus terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak membahayakan kesehatan mereka.

3.  Memberikan asupan ASI yang baik

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil. ASI eksklusif yang mengandung nutrisi kompleks harus diberikan setiap waktu, ya! Bila si kecil membutuhkan asupan pelengkap, Anda bisa memberikan susu formula atau air putih saat bayi sudah mulai konsumsi MPASI.

4.  Memilih pakaian yang baik

Pakaian si kecil harus terbuat dari kain katun yang aman digunakan tanpa risiko membuat kulit alami iritasi. Kain katun bersifat adem, lembut dan menyerap keringat lebih baik sehingga bayi tidak akan mengalami masalah eksim atau biang keringat. Jangan lupa untuk mencuci pakaian anak menggunakan detergen yang bebas bahan pewangi atau pilih detergen khusus bayi dengan formula ringan.

5.  Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan

Bayi membutuhkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhan yang lebih sempurna. Jika Anda mengajak si kecil berjemur, tetap berikan durasi beberapa menit saja dan pakai pelindung mata. Hal serupa berlaku pada musim dingin, sebaiknya Anda memakaikan pakaian hangat dan sarung tangan untuk si kecil agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Kini Anda bisa menghindari risiko bayi mengalami kulit kering dengan mengetahui penyebabnya. Pilih produk perawatan yang aman dipakai bayi agar kulit lebih lembab dan halus setiap hari, ya! Diskon Cetaphil bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan produk perawatan kulit mulai baby wash dan pelembab yang aman untuk buah hati tercinta.

Parenting