5 Dampak Negatif Mengonsumsi Kopi Berlebihan

5 Dampak Negatif Mengonsumsi Kopi Berlebihan

Menjalani hari tanpa minum kopi tidak akan terasa lengkap bagi orang yang candu kafein. Sensasi nikmat dari aroma kopi yang menguar bisa meningkatkan stimulasi otak. Selain teh, kopi merupakan minuman wajib bagi masyarakat Indonesia kebanyakan. Jika sebagian orang menyukai rasa kopi hitam yang asli, ada pula sebagian lain yang menyukai sensasi rasa kopi susu yang lezat.

Jika mengonsumsi kopi susu yang berlebihan

Minum kopi bisa membuat stimulasi otak lebih bagus sehingga orang-orang memiliki semangat menjalani aktivitas yang produktif. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, kopi sangat membantu program orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan berikut :

1.   Bisa menyebabkan risiko diabetes

Kopi yang dicampur dengan susu atau gula dengan jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan risiko diabetes, lho! Apalagi kebiasaan menikmati es kopi susu kekinian, Anda harus tetap waspada dengan risiko kenaikan kadar gula darah.

2.   Bisa mengurangi kadar kalsium

Menikmati secangkir kopi pada pagi atau sore hari, sah-sah saja. Namun, Anda harus membatasi asupan kopi setiap hari agar tidak mengalami risiko kekurangan kadar kalsium. Kopi yang dicampur susu kekinian bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa mengurangi kadar kalsium hingga 10 persen dari nutrisi susu tersebut.

3.   Menimbulkan risiko jerawat

Dampak negatif konsumsi kopi dicampur susu atau gula berlebihan akan menimbulkan risiko jerawat yang tidak Anda inginkan. Pada bahan susu yang mengandung zat pro-inflamasi bisa menyebabkan kemunculan jerawat di wajah Anda. Tidak ada salahnya menikmati kopi dicampur susu yang lezat, tetapi Anda harus membatasi konsumsi yang wajar.

4.   Bisa memicu masalah asam lambung

Jangan sesekali menikmati kopi sebelum mengonsumsi makanan atau sarapan sebab bisa meningkatkan kadar asam lambung di tubuh. Bagi orang yang menderita penyakit maag atau asam lambung akut, konsumsi kopi sangat tidak disarankan, apalagi kopi yang dicampur dengan susu krim.

5.   Bisa membuat tubuh lebih gemuk

Jika Anda suka mengonsumsi kopi yang ditambahkan bahan susu berlebihan, maka efek tubuh mengalami obesitas bisa terjadi. Kopi bisa membuat perut lebih kenyang dan efektif menurunkan berat badan, tetapi ada batasan dengan kombinasi bahan lain yang mengandung pemanis seperti susu, krimer atau gula buatan. Es kopi susu yang banyak disajikan di kafe kekinian bisa memberikan kalori yang lebih banyak sehingga tidak cocok masuk dalam program diet Anda.

Dari beberapa dampak negatif mengonsumsi kopi susu berlebihan di atas bisa menjadi acuan untuk Anda yang ingin hidup lebih sehat. Mengonsumsi kopi dicampur susu bisa membuat mood meningkat dua kali lipat, tetapi tetap batasi jumlah yang dikonsumsi setiap hari. Apa saja yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda, lho!

Kesehatan