8 Standar Nasional Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar

8 Standar Nasional Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar

Selama kurang lebih 14 tahun, generasi penerus bangsa menghabiskan waktu mereka untuk menempuh pendidikan. Dimana kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan softskill dan hardskill peserta didik untuk siap menghadapi masa depan mereka. Dimana dalam dunia kerja softskill maupun hardskill diperlukan untuk menjalani profesi mereka kelak. Sebab itu, kegiatan pendidikan harus berlangsung dengan baik dan terstruktur untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Proses pendidikan yang berlangsung selama 14 tahun lebih tersebut diatur menggunakan 8 Standar Nasional Pendidikan yang diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia. Dimana 8 Standar Nasional Pendidikan ini dibentuk oleh Badan Standarisasi Nasional Pendidikan untuk lembaga pendidikan yang berada di seluruh pelosok negeri.

Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan harus sesuai dengan isi standar itu sendiri. Dimana poin – poin yang diterapkan dalam 8 Standar Nasional Pendidikan yakni :

  1. Standar isi

Standar ini meliputi materi yang diberikan kepada peserta didik dan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik untuk dapat mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

  1. Standar Kompetensi Lulusan

Standar yang diterapkan untuk menentukan kelulusan peserta didik dalam materi dan kompetensi yang diberikan. Standar ini juga diberikan untuk mendukung peserta didik menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

  1. Standar Proses Pendidikan

Standar ini menetapkan sistem pembelajaran yang perlu diterapkan selama memberikan materi dan kompetensi kepada peserta didik agar mudah dipahami.

  1. Standar Sarana dan Prasarana

Standar ini menetapkan sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan pendidikan yang dilakukan.

  1. Standar Pengelolaan

Standar pengelolaan yang digunakan ada tiga yakni oleh satuan pendidikan, Pemerintah Daerah dan Pemerintah.

  1. Standar Pembiayaan Pendidikan

Standar ini merupakan biaya yang diperlukan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan pendidikan seperti sarana prasarana, pajak, dan biaya pajak lainnya.

  1. Standar Penilaian Pendidikan

Standar penilaian diberikan untuk tolak ukur penerimaan materi dan pemberian kompetensi kepada peserta didik selama kegiatan pendidikan berlangsung.

  1. Standar Tenaga Kependidikan

Pendidik juga disarankan memiliki sertifikasi keahlian dan memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam memberikan materi dan kompetensi kepada peserta didik selama proses pendidikan berlangsung.

Others