Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Sapi

Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Sapi

Semua ibu pasti ingin memberikan nutrisi yang maksimal ke anaknya. Termasuk memberikan asi ekslusif selama 6 bulan. karena asi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Saat anak semakin dewasa, asi sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya. Dan ibu akan memberikan tambahan susu formula. Namun bagi anak yang mengalami alergi susu sapi,sulit mendapatkan asi ekslusif. Atau memperoleh susu formula dari susu sapi. Reaksi alergi yang muncul bisa ringan hingga berat. Oleh karena itu penting untuk mengetahui ciri ciri anak alergi susu sapi.

Perbedaan Alergi Susu Sapi Dengan Intoleransi Laktosa

Saat anak muncul gejala setelah minum susu formula, ibu pasti langsung beranggapan bahwa anak tidak cocok dengan susu formula tersebut. atau mengalami alergi. Padahal semua gejala yang muncul, belum tentu karena alergi susu sapi. Tapi juga bisa disebabkan oleh intoleran laktosa. Intoleransi laktosa terjadi saat anak mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa atau gula alami yang terdapat dalam susu.

Bahkan asi pun mengandung laktosa. Laktosa tidak bisa diserap oleh sistem pencernaan bayi sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Namun bila anak anda diberi asi eksklusif selama 6 bulan. kemungkinan terkena alergi atau intoleransi laktosa sangat kecil. Bahkan pada beberapa anak, walaupun saat bayi mengalami alergi susu sapi. Namun setelah berusia 5 tahun, alergi tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Formula

Bila anak anda mengalami alergi susu sapi atau formula, biasanya gejala akan muncul setelah anak konsumsi susu tersebut. hal ini berbeda dengan alergi pada makanan lain, yang bisa muncul setelah dua jam. Untuk lebih jelasnya, inilah ciri yang harus diketahui.

  • Kulit ruam

Bila pada kulit anak anda terdapat bintik berwarna merah dan gatal. dan dibarengi dengan pembengkakan di area wajah, bibir dan mata. Mungkin anak anda sedang mengalami alergi susu sapi. Apalagi gejala tersebut muncul setelah anak konsumsi susu formula.

  • Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan termasuk gejala yang sering dialami anak-anak. Mulai dari kembung, sakit perut, konstipasi, diare hingga bab yang berlendir atau berdarah. Untuk gejala ini tidak selalu muncul setelah konsumsi susu sapi. Bisa juga bisa muncul beberapa jam hingga 2 hari setelah konsumsi.

  • Eksim juga bisa muncul karena alergi susu formula. Berbeda dengan eksim penyakit lainnya, eksim karena alergi tidak membaik walaupun sudah dilakukan pengobatan.
  • Anak akan mengalami gangguan pernapasan. Mulai dari batuk, pilek. Napas yang berbunyi, sesak napas hingga mengalami kesulitan bernapas.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi

Bila anda melihat ciri-ciri anak alergi susu sapi pada anak anda. segera lakukan pengobatan. Jangan dibiarkan begitu saja, hingga muncul gejala berat seperti kesulitan bernapas. Lebih baik untuk segera membawanya ke rumah sakit, supaya mendapatkan pengobatan sedini mungkin. kemudian hentikan konsumsi susu formula tersebut. perhatikan juga makanan yang baru ia konsumsi. Mungkin gejala tersebut muncul karena alergi makanan tertentu.

Parenting