Langkah Perawatan yang Tepat bagi Anak Penderita Osteogenesis Imperfecta

Langkah Perawatan yang Tepat bagi Anak Penderita Osteogenesis Imperfecta

Tidak semua anak dilahirkan sempurna. Sebagian di antara mereka harus lahir dengan beberapa jenis kondisi khusus. Salah satu contohnya adalah penyakit osteogenesis imperfecta atau kelainan tulang OI. Ini merupakan jenis penyakit genetik yang tergolong langka dan bisa dikatakan cukup sulit untuk disembuhkan secara total.

Merawat Anak Penderita OI

Anak yang lahir dengan penyakit OI dapat dikatakan tidak bisa sembuh sempurna. Anak-anak ini akan memiliki kondisi tulang yang rapuh bahkan mudah sekali patah. Orang tua harus merawat kondisi anak penderita OI sebaik mungkin agar semua risiko buruk bisa dihindari. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang bisa diterapkan pada anak penderita OI:

1.                 Konsumsi Obat

Sebenarnya langkah pengobatan untuk penyakit OI ini masih belum ditemukan. Pengobatan yang dilakukan hanya untuk membantu memperkuat tulang dan menurunkan risiko kerusakan tulang yang lebih parah. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan seperti sodium fluorida dan bifosfonat yang bisa memperkuat tulang.

2.                 Konsumsi Suplemen

Selain obat, dokter juga biasanya akan merekomendasikan anak penderita penyakit OI untuk mengonsumsi suplemen. Jenis suplemen yang perlu dikonsumsi adalah suplemen yang bermanfaat untuk memperkuat kondisi tulang. Misalnya suplemen dengan kandungan kalsium, vitamin C, magnesium, juga vitamin D yang tinggi. Konsumsi produk suplemen ini harus tepat dan sesuai dosis yang disarankan.

3.                 Dampingi Anak Fisioterapi

Anak yang mengalami osteogenesis imperfecta juga akan direkomendasikan untuk menjalani fisioterapi. Langkah ini dilakukan untuk membangun kekuatan otot sehingga anak bisa tetap beraktivitas seperti anak-anak lainnya. Selain itu, langkah fisioterapi ini juga dilakukan untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan anak sesuai dengan tahap usianya.

4.                 Ambil Tindakan Operasi

Tidak semua anak penderita OI harus dioperasi. Biasanya langkah operasi ini diambil untuk anak yang mengalami patah tulang atau kelainan bentuk tulang akibat penyakit OI. Contohnya untuk anak-anak yang mengalami skoliosis akibat OI. Tentunya proses operasi tidak akan menyembuhkan penyakit OI, hanya mengatasi kelainan yang muncul akibat penyakit tersebut.

5.                 Berikan Dukungan

Penting sekali bagi orang tua untuk terus memberikan dukungan kepada anak yang menderita penyakit OI. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan total sehingga secara otomatis anak akan terus membawanya hingga dewasa nanti. Itulah mengapa orang tua harus memberikan pengertian dan dukungan kepada anak-anaknya. Pastikan untuk terus mendampingi anak di setiap masa pertumbuhannya.

Itulah tadi beberapa langkah perawatan yang bisa diberikan kepada anak penderita osteogenesis imperfecta. Penyakit ini memang dibawa secara genetik, artinya sejak lahir anak sudah menderita penyakit tersebut. Namun risikonya bisa bertambah parah ketika anak sudah memasuki usia 2-3 tahun dimana mereka akan aktif-aktifnya bergerak tanpa tahu bahwa kondisi tulang mereka sangatlah rapuh.

Kesehatan