Olah Sampah Sendiri, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Olah Sampah Sendiri, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Sampah rumah tangga menjadi salah satu sumber permasalahan berkaitan dengan lingkungan hidup di seluruh dunia. Ini karena mayoritas sampah rumah tangga tidak diolah dengan baik dan berakhir dibuang begitu saja ke lingkungan. Fokus pada pengolahan sampah secara mandiri bisa menjadi salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah.

Pembuangan Sampah dengan Bijak

Ketika melakukan pembuangan sampah ada dua jenis sampah yang sebaiknya dibedakan terlebih dahulu yakni organik dan anorganik. Limbah tidak bisa dihentikan sepenuhnya tetapi pengolahannya bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu. Pengolahan limbah ini menjadi tanggung jawab setiap orang untuk menjaga lingkungan tetap lestari.

Limbah yang menumpuk akan memberikan masalah baru jadi sebaiknya pemilahan limbah dilakukan sejak awal membuang. Sampah anorganik dipilah mana yang bisa digunakan kembali kemudian yang tidak bisa harus segera berakhir di tempat pembuangan sampah. Pastikan untuk selalu mencoba memanfaatkan kembali sampah seperti kaleng cat atau plastik pembungkus.

Di sisi lain, sisa limbah organik bisa diolah kembali menjadi pupuk yang akan bermanfaat bagi tanaman yang dimiliki. Pengolahan sampah organik secara mandiri bisa membantu mengurangi dampak buruk bagi lingkungan sekitar dan mendapat manfaat baru. Pembuatan kompos bisa dibarengi dengan kegiatan berkebun sebagai hobi baru sekaligus upaya menjaga lingkungan.

Penyimpanan Sampah Organik

Sampah organik akan menghasilkan bau tidak sedap selama disimpan sedangkan composting tidak bisa dilakukan setiap waktu. Perlu ada penanganan tersendiri bagi setiap jenis sampah yang dihasilkan supaya tidak mengganggu kenyamanan di rumah.

Untuk sampah yang berasal dari dapur, sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat serta memiliki pegangan. Bahan tempat sampah akan lebih baik jika terbuat dari stainless steel ataupun keramik karena mencegah penyebaran bau. Jika itu terlalu sulit ditemukan maka ember bekas cat ataupun es krim bisa digunakan meskipun memang bisa mengeluarkan bau sesekali.

Pada sampah dedaunan yang berasal dari halaman, penyimpanannya cukup mudah yakni menggunakan bak saja. Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dengan dedaunan terlebih dahulu dipotong kecil-kecil supaya nanti bisa siap diolah.

Memulai Pengomposan

Pengomposan dimulai dengan membuat lubang di wilayah tanah kosong supaya cacing atau organisme tanah bisa mempercepat prosesnya. Pada bagian dasar, ranting atau jerami diletakkan terlebih dahulu supaya terdapat aliran udara yang lebih baik. Setelah itu tambahkan bahan kompos bersifat lembab seperti limbah daun dan juga limbah dapur setebal beberapa centi.

Dua hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan dibuat bertumpuk supaya aerasi pada kompos terjaga. Berikan starter seperti EM4 pada tumpukan untuk mempercepat pengomposan dan jangan lupa untuk mengaduknya 2 hari sekali. Selain itu saat mengaduk, tambahkan air sesekali supaya tetap lembab dan proses bisa berlanjut.

Pengolahan sampah sendiri bisa menjadi langkah dasar dalam cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah. Jika sudah menguasai hal ini, alangkah baiknya untuk mengajak orang di sekitar supaya punya dampak lebih besar lagi.

Lifestyle