Terjebak Pinjaman Online Ilegal? Lakukan 3 Hal ini!

Terjebak Pinjaman Online Ilegal? Lakukan 3 Hal ini!

Mencari tahu kredibilitas jasa pinjaman online sebelum mengajukan sejumlah pinjaman tentu menjadi hal utama yang harus dilakukan. Begitu juga dengan membaca persyaratan dan ketentuan yang diberikan oleh jasa pinjaman online tersebut. Lalu, bagaimana jika Anda baru menyadari pinjol yang jasanya Anda pakai adalah ilegal?

Jangan panik dan berlarut-larut dalam kecemasan. Segera cari tahu apa yang bisa dilakukan agar kerugian tidak semakin besar dan pinjol tidak semakin semena-mena memperlakukan Anda. Berikut caranya:

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Bisa saja Anda terjebak pinjol ilegal karena kurang informasi. Jadi, jangan bosan untuk selalu mencari tahu ciri-ciri pinjaman online legal dan ilegal. Mereka bisa saja melancarkan aksinya dengan modus berbeda-beda demi menjerat mangsa.

Menurut informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilansir oleh banyak media, pinjol ilegal kerap kali beroperasi dengan cara:

  • Menawarkan jasa melalui pesan singkat dan SPAM.

Artinya, oknum-oknum ini tidak memiliki website atau aplikasi terdaftar untuk menawarkan jasanya. Begitu pula halnya dengan layanan konsumen, pengaduan, dan lokasi kantor. Jangan harap Anda bisa menghubungi kontak resmi jika ada masalah.

  • Bunga dan denda yang ditetapkan sangat tinggi.

Ini belum termasuk biaya tambahan lainnya yang dibebankan pada pengguna yang konon jumlahnya hampir menyamai jumlah dana yang dipinjam.

  • Jangka waktu pembayaran utang bisa berubah dari kesepakatan semula.

Biasanya, penagihan akan jatuh tempo lebih cepat. Jika tidak sanggup membayar, mereka akan menargetkan kontak pribadi Anda sebagai sasaran tagih.

  • Meminta akses ke data pribadi

Tidak hanya kontak pribadi Anda saja yang mereka incar, tetapi juga foto, video, sampai lokasi keberadaan pengguna bisa mereka bocorkan. Jika Anda tidak dapat mengembalikan dana dalam jangka waktu yang mereka tentukan, pinjol-pinjol ilegal ini akan menagih secara brutal dan tak beretika dengan memanfaatkan data-data pribadi tersebut.

Terlanjur Terjebak, Harus Bagaimana?

Apa yang bisa Anda lakukan untuk membenahi masalah dengan pinjol ilegal?. Dilansir dari CNBC Indonesia, saran Satgas Waspada Investasi untuk masyarakat yang terlanjur terjebak pinjol ilegal adalah:

  1. Melakukan blokir terhadap kontak pelaku teror sekaligus memberi tahu kerabat dekat untuk mengabaikan teror-teror penagihan.
  2. Gunakan hak Anda untuk melapor pada kepolisian. Masalah memang tidak akan selesai dalam satu hari, tetapi setidaknya jejak para pelaku bisa diusut untuk menghindari kasus serupa terus berulang. Pelaporan juga bisa ditujukan ke email [email protected] agar pemblokiran bisa segera dilakukan.
  3. Bayarlah nilai pokok utang Anda, bukan bunganya. Jangan pernah mencoba membuat pinjaman baru untuk menutupi pinjaman sebelumnya. Cara ini akan terasa berat tapi berguna untuk mencegah Anda terlilit utang yang semakin mencekik.

Gunakan Hanya Pinjaman Online Resmi

Walaupun merasa kapok berurusan dengan pinjol ilegal, tidak ada yang menjamin Anda tidak akan membutuhkan jasa pinjaman online lagi di kemudian hari. Gunakan hanya layanan dari fintech resmi dan terdaftar di OJK. Anda bisa memeriksa status penyedia layanan keuangan tersebut di website OJK. Pastikan juga alasan Anda meminjam dana adalah untuk alasan produktif, bukan konsumtif.

Bagi yang membutuhkan dana untuk keperluan produktif, Anda bisa menggunakan layanan Finmas. Brand ini adalah penyedia pinjaman online resmi yang terdaftar di OJK. Menawarkan tenor fleksibel dengan proses relatif mudah, Anda bisa mengelola dana yang didapat sesuai dengan kebutuhan. Dengan pinjol tepercaya, dana tidak akan menguap begitu saja.  Selamat mengatur dana pinjaman menjadi bernilai produktif, ya!

Others